Mobil Listrik Lagi Hype di RI, Toyota Avanza Gak Ikutan?

Pengunjung melihat mobil Toyota Avanza terbaru di Dealer Auto 2000 Sudirman, Jakarta, Rabu, 24/11. Persaingan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander terjadi di ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2021 pada 11-21 November 2021 di ICE BSD kemarin. Selama pameran, keduanya menjadi mobil terlaris yang dipesan konsumen dari masing-masing agen tunggal pemegang merek (ATPM).
Berdasarkan catatan Toyota Astra Motor (TAM), All New Avanza dan All New Veloz laku ribuan, memberikan kontribusi terbesar mencapai 1.534 unit, dengan masing-masing 711 unit dan 823 unit, atau sebesar 34% dari total seluruh model Toyota.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Toyota Astra Motor (TAM) resmi merilis Yaris Cross Hybrid kemarin (16/5/23). Ini menjadi mobil hybrid kedua produksi dalam negeri yang Toyota rilis setelah Innova Zenix Hybrid. Padahal, tidak sedikit yang menantikan bahwa mobil elektrifikasi yang keluar selanjutnya ialah Avanza Hybrid.

Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandy pun angkat bicara mengenai kenapa Toyota https://dwslot88apk.com/ tidak lebih dulu mengeluarkan Avanza hybrid. Ia mengungkapkan bahwa segala aspek menjadi bahan pertimbangan.

“Kita mempertimbangkan dari banyak sudut, dari kebutuhan masyarakat, costumer di Indonesia, kondisi development di principal, dan kebutuhan global, jadi strategi produk itu lebih complicated,” kata Anton kepada CNBC Indonesia, Selasa (16/5/23).

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa pabrikan asal Jepang ini bakal memproduksi kendaraan elektrifikasi lain dari berbagai segmen. Apalagi, Toyota baru mengisi hybrid di segmen Medium MPV dengan line-up Innova Zenix dan SUV dengan Yaris Cross. Bukan tidak mungkin Avanza hybrid bakal lahir ke depannya.

“Tapi pastinya ini bukan produk elektrifikasi lokal terakhir, ke depannya akan ada lagi apa-apanya, tunggu, nanti kita bahas,” kata Anton.

Toyota tidak memberi kepastian kapan Avanza Hybrid itu akan lahir. Namun, Yaris Cross Hybrid masuk ke dalam segmen B Sport Utility Vehicle (SUV), di bawah SUV dua baris Toyota lainnya seperti C-HR maupun Corolla Cross, namun di atas Raize. Mobil ini akan berhadapan dengan Honda HR-V.

Terkait harga, perusahaan masih enggan mengungkap lebih rinci, namun kemungkinan akan lebih murah dibandingkan saudaranya yang juga di segmen elektrifikasi, yakni Innova Zenix Hybrid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*