Mudik Lebaran, Wilayah Ini Mendadak Banjir WhatsApp-TikTok

kemacetan di pos penyekatan, Jalur Pantura Kedung Waringin, perbatasan Kabupaten Bekasi-Karawang, Senin (10/5/2021).  Dari data yang didpat dari jam 8.00 wib hingga 15.00 wib sebayak 512 kendaraan yang telah diputar balik.  (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Traffic internet naik signifikan di beberapa daerah saat periode mudik Lebaran 2023 lalu. Lonjakan terjadi pada wilayah rute atau tujuan mudik, baik di pulau Jawa maupun luar Jawa.

Telkomsel mencatat lima daerah dengan peningkatan trafik broadband tertinggi. Mulai dari Kabupaten Cilacap yang tumbuh 58,8 persen, Kabupaten Ciamis sekira 58,4 persen, Kabupaten Tasikmalaya mencapai 54,9 persen, Kabupaten Garut tumbuh 54,4 persen, dan Kabupaten Langkat di Provinsi Sumatra Utara hingga 38,7 persen.

Dalam keterangan resminya dikutip Rabu (26/4/2023), Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono menjelaskan pihaknya juga menemukan lima wilayah destinasi tujuan mudik dengan pergerakan pelanggan paling signifikan. Kelimanya adalah Kabupaten Cilacap, Kota Bandung, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Tasikmalaya.

“Dengan mengedepankan Program Telkomsel Siaga RAFI 2023, secara keseluruhan kami telah mengantisipasi lonjakan trafik layanan broadband melalui optimalisasi infrastruktur jaringan berteknologi terdepan serta menjamin ketersediaan produk dan layanan digital unggulan,” kata Saki.

Indosat Ooredoo Hutchison juga mencatat adanya kenaikan trafik pada rute dan kota tujuan mudik di Pulau Jawa, yakni Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Tegal, Serang, Solo, Purwokerto, Purwakarta, Banjarnegara, Cianjur, Madura, Bandung, Pati, dan Tuban. Sedangkan di luar Pulau Jawa, ada Metro-Kota Bumi, Baturaja, Bandar Lampung, Bone, Sampit dan Pare-pare.

Selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H, Telkomsel dan Indosat juga mencatat kenaikan trafik broadband. Telkomsel, misalnya, melonjak 11,7% dibandingkan rata-rata hari biasa 2023 atau sebesar 11,4% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Untuk SMS masih mengalami kenaikan sebesar 14,1%. Sedangkan layanan voice call tercatat menurun 20% dari hari biasa.

Sementara Indosat mengalami kenaikan 25% pada malam takbiran dibandingkan Lebaran tahun lalu. Pemakaian aplikasi media sosial saat periode libur Lebaran juga meningkat 45%. Kenaikan juga terjadi pada aplikasi messaging dan video call (naik 28%) dan mobile gaming (14%).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*